Thursday 8 November 2012

Bebas Tanpa Asisten Rumah Tangga

Aug 26, '10 11:53 PM

Mau lebaran gini biasanya yang paling dipermasalahkan adalah soal 'maid' atau dengan semua sebutan diatas biasanya, saya enaknya sebut 'maid' aja ya..

Beberapa ibu rumah tangga atau yang bekerja di luar rumah menjelang lebaran, sering mengeluhkan masalah maid nya yang pulkam alias pulang kampung, yang kadang janjinya ngga sesuai dengan kenyataan (maksudnya janji cuti lebaran seminggu ternyata lewat bahkan ngga balik lagi), terutama ibu-ibu yang punya anak-anak yang masih kecil biasanya paling pusing gara-gara masalah kayak gini..

Dan biasanya lagi kalau dengar keluhan seperti itu, saya cuma bisa manggut-manggut aja, soalnya saya ngga pernah pakai jasa maid ini..
Duluuu banget saya pernah, waktu Farrah masih usia 3 bulanan, tapi yang ada cuma 2 minggu aja, saya suruh berenti lagi soalnya yang ada saya malah kikuk sendiri, mau nongkrong di kamar salah, depan tivi juga salah soalnya saya tipikal orang yang jaraang banget bersuara alias pendiem (kecuali udah deket banget), jadinya saya risih kalau liat maid saya itu lagi ngepel sedangkans aya lagi duduk diatas, jadinya saya melipir deh ke kamar, suasana yang aneh bukan? 

Malah maid saya itu yang banyak inisiatif nya, nanya-nanya apa lagi yang mau dikerjain, kebetulan bukan yang nginep jadi pagi sampai siang aja, akhirnya karena ngga kuat saya minta maaf aja, saya oper ke tetangga depan, tapi dianya ngga mau ya udah akhirnya riwayat per-maid-an selesai sampai disana, dan sampai detik ini saya kekeuh ngga mau lagi, bukannya sok supermom atau wonder woman de el el tapi karena alasan terbesar adalah 'privacy' 

Saya bener-bener ngga biasa kalau ada orang lain seliweran dirumah, selain suami sama anak aja, bahkan kalau lagi ada saudara dari jauh yang lain juga bawaannya sungkaan aja..
Akhirnya saya beneran punya tangan 4 hehehe (bercanda), maksudnya konsekuensinya ya semuanya harus bisa dan beres saya kerjain, dari ngurusin anak, beres-beres rumah, masak, sambil ngantor juga 
Kalau ditanya cape ngga nya, ya pasti nya tapi alhamdulillah sampai sejauh ini saya puas banget kalau liat anak saya keurus, rumah masih bisa dibilang bersih, suami juga masih bisa makan masakan saya, keliatannya emang ngoyo banget ya, dulu saya sempat beli melulu masakan mateng, tapi koq lama-lama malu juga sama ibu-ibu yang akrab sama dapur & sering liat foto-foto hasil makanan yang di upload di jejaring sosial, bikin ngiler & yang pasti anak-suami lebih sehat ya..

Mau ngga mau ya saya harus adaptasi, bangun bener-bener harus sepagi mungkin, paling ngga sebelum Farrah & suami bangun, langsung nongkrong di depan mesin cuci (untungnya ada si mesin cuci yang udah bantuin saya), ibadah sholat subuh dulu terus nongkrong di dapur bikin makanan yang paling cepet & praktis buat sarapan, lanjut nyapu & bebersih (kalau ngepel saya agak tau diri, paling seminggu 1-2x ajah hehe, kalau tiap hari jujur deh pinggang yang ngga kuat, soalnya saya tipe inem yang kalau ngepel harus pakai tangan, kalau pakai gagang gitu berasa kurang bersih) baru kalau nyetrika bisa 2-3hari sekali, ini juga butuh mood yang enak biasanya kalau lagi dateng mood bisa sambil dengerin lagu pake earphone hehe, jadi enaknya ya gitu suasana masih sepi saoalnya masih pagi tau-tau udah kelar, baru deh saya bangunin suami sama anak, kalau Farrah biasanya saya sambil mandiin dia terus diserahin ke ayahnya dulu baru deh saya mandi & siap-siap..

Mungkin kalau tiap hari dibayangin begini terus ya lelah & jenuh juga, makanya kadang saya lagi ada waktu malasnya, ya santai aja kerjain yang mana harus dikerjain dulu, apalagi kalau lagi dateng sakitnya, ya mau ngga mau udah jadi alarm buat saya harus istirahat dulu..

Kalau berangkat saya biasanya bareng sama Farrah, saya drop dulu dia di Tempat Penitipan Ananda deket kantor, baru saya berangkat (ini rutinitas kalau ayahnya sudah mulai aktivitas lagi soalnya sekarang lagi libur, jadi Farrah di rumah deh sama ayah) saya pun jadi jauuh lebih tenang, soalnya biar gimanapun saya tetap kepikiran kalau Farrah lagi di TPA, tiap dianterin paginya dia pasti kasih oleh-oleh tangisan buat saya yang akhirnya berlanjut pikiran macam-macam yang melankolis banget, sampai saya sengaja nutup muka pakai helm (resepnya pakai helm yang kacanya hitam jadi dari luar ngga keliatan muka kita) jadi saya kadang sampai nangis sambil ngendarain motor (lebay) apalagi waktu sauami lagi dinas kuliah di luar kota wahhh rasanya kayak nano-nano (versi ngga enaknya), pengennya balik lagi ke TPA terus peluk Farrah sambil bilang "ayok nak kita balik aja ke rumah, kita mian bareng aja yuk, bunda ngga jadi kerja"..

Eits! tapi ngga semudah itu ya, kan saya juga punya tanggung jawab sama kantor tempat saya kerja, bener-bener dilema deh, jadi kadang saya siasati kalau lagi di jalan saya sambil nyanyiin Farrah, kita nyanyi bareng selama perjalanan di motor, terus pulangnya pas saya jemput biasanya saya ajak bablas jalan-jalan, bener-bener ngabisin waktu berdua..

Lain hal kalau lagi seperti sekarang ada suami lagi libur di rumah plus lagi bulan puasa, ya saya langsung pulang soalnya udah ada kerjaan nunggu yaitu masak buat buka puasa hehe, kadang yang namanya males sama lemes ya ngga bisa bohong, tapi mau gimana lagi namanya udah jadi istri orang & udah jadi ibu, paling ngga selama saya bisa ya masak aja yang ngga pakai lama, kalau pun waktunya mepet ya ditambah sama masakan mateng tapi tetep harus ada yang saya sediain dengan bikin sendiri..

Setelah maghrib baru saya bisa agak napas panjang, bisa sedikit selonjoran sambil main sama Farrah atau nonton tivi atau ngobrol bertiga, sampai waktunya tidur, semua lelah biasanya terbayar dengan perhatian dari anak dan suami, biasanya kalau weekend saya bawaannya ngga betah di rumah hehe jadi suami udah tau kalau weekend siap-siap nganterin keluar rumah, dari yang jalan-jalan sore aja sampai refreshing beneran sambil ngajak Farrah main.

Jadi saya juga ingin Farrah lebih kenal dengan yang namanya amanah, kewajiban juga tanggung jawab, saya ingin diluar semua itu dia bisa tumbuh dengan mandiri, dengan terbiasa di rumah tanpa maid, tidak ada nenek atau kakek atau om atau tante yang bisa bantu jagain dia, karena saudara kita jauh-jauh, jadi insyaallah saya ingin kelak dia punya inisiatif sendiri dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Saya aslinya orangnya santai jadi semua kerjaan harus dalam keadaan mood yang baik dan suasana yang enak jadi ngga ada istilah terpaksa lagi, semua saya lakukan karena belajar dari pengalaman saya waktu kehilangan kedua orang tua saya, sedangkan saya anak tunggal, jadi mau minta perhatian ke mana, mau mengandalkan siapa, semua nya saat itu dunia benar-benar jungkir balik, saya harus bisa bertransformasi dari anak manja jadi orang yang harus tahan meghadapi apapun dan alhamdulillah saya bisa melalui semua itu,  mungkin kalau ngga ditempa seperti ini saya ngga akan belajar, jadi sepahit apapun setiap kejadian bisa jadi ada hikmahnya.

Balik ke masalah utama, ya saya tetap pada pilihan bebas di rumah tanpa maid, saya disini cuma berbagi pengalaman aja, ngga bermaksud membandingkan apalagi menghakimi pilihan orang lain, karena keadaan setiap orang kan beda-beda ngga bisa dipukul rata, apalagi anak saya juga baru 1 jadi saya masih bisa menangani..

Akhirnya buat saya lebaran atau ngga ya sama aja hehe, apalagi lebaran tahun ini kayanya kita ngga mudik, nunggu tamu aja deh di rumah  mau mudik dapat cutinya juga ngga lama, belum lagi bawa Farrah yang masih kecil kayanya nanti dulu aja, mudik kan harus dinikmati, hidup juga harus dinikmati hehe.. 

No comments:

Post a Comment